Latar Belakang

Pembangunan yang berkelanjutan dengan memperhatikan pelestarian lingkungan di masa sekarang dan akan datang secara umum belum dipahami dengan baik dan belum menjadi gaya hidup di masyarakat luas. Jurusan Teknik Lingkungan memiliki tanggung jawab dalam upaya menyebarluaskan pemahaman peduli lingkungan tersebut dengan memberi perhatian khusus bagi pendidikan lingkungan, terutama bagi generasi muda di luar mahasiswa Universitas Trisakti.

KNOWLEDGE, INNOVATION and COLLABORATION PROGRAM (KIC) merupakan program series Jurusan Teknik Lingkungan FALTL, Universitas Trisakti yang diselenggarakan setiap tahun, bertujuan untuk menginspirasi masyarakat luas pada umumnya dan generasi muda pada khususnya agar termotivasi untuk selalu belajar mengekplorasi pengetahuan, untuk menemukan ide, gagasan dan inovasi-inovasi baru dalam mengimplementasikan tujuan dari pembangunan berkelanjutan serta melestarikan lingkungan dengan melakukan berbagai kegiatan yang berkolaborasi dengan para generasi muda penerus bangsa.

Seiring dengan meningkatnya populasi manusia, begitu pula permintaan energi untuk memberi daya pada rumah, bisnis, dan komunitas kita. Inovasi dan perluasan sumber energi baru dan terbarukan adalah kunci untuk mempertahankan tingkat energi yang berkelanjutan dan melindungi planet dari perubahan iklim. Energi Terbarukan merupakan salah satu sumber energi yang dapat memenuhi kebutuhan energi dan menyumbang kepada bauran energi nasional dan membantu usaha mitigasi dampak perubahan iklim global. Sumber energi ini digunakan hampir di seluruh dunia yang telah memanfaatkan energi terbarukan sebagai sumber energi strategis untuk mengantisipasi krisis energi.

Salah satu hal yang terpenting dalam kemampuan menginspirasi masyarakat luas, adalah “berpikir kreatif”. Inspirator memerlukan kemampuan menjadi trendsetter, bukan hanya followers. Seseorang yang mampu meningkatkan kapasitas dirinya dan mengembangkan energi positif bagi lingkungan di sekitarnya dapat menjadi Trendsetter serta menjadi role model dalam keseharian. Selangkah lagi, bila ditambah dengan kemampuan untuk menyelaraskan kerjasama dengan lembaga/mitra lain maka kegiatan ini sekaligus mampu mengantarkan generasi muda tersebut menjadi seseorang pemimping penerus bangsa.

Keberadaan Jurusan Teknik Lingkungan, Universitas Trisakti pada dunia pendidikan, mempunyai peran untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas mengenai bagai mana menjaga dan mencintai lingkungan agar lestari dan berkelanjutan.

Tujuan dan Manfaat

Maksud dari kegiatan KIC ini adalah untuk membentuk figur generasi muda yang memiliki kemampuan menginspirasi masyarakat luas, agar lebih memperhatikan aspek kelestarian dalam pembangunan dan pemanfaatan sumberdaya alam.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk:

  1. Memberikan sosialisasi kepada generasi muda tentang wajib mengelola sampah dari rumah
  2. Meningkatkan animo siswa SMA untuk lebih peduli dan mencintai Lingkungan.